JPNN.com

Ditinggal Turis Asing, Begini Kondisi Bali Sekarang

Senin, 06 April 2020 – 14:31 WIB
Ditinggal Turis Asing, Begini Kondisi Bali Sekarang - JPNN.com
A motorist passes Ground Zero Memorial amid the spread of coronavirus disease (COVID-19) at Legian in Bali, Indonesia, March 23, 2020. (Reuters: Nyimas Laula)

Turunnya kedatangan turis internasional sampai 95 persen sangat mempengaruhi jutaan warga yang sudah lama tergantung dari industri pariwisata.

Mangku Nyoman Kandia sudah bekerja sebagai pemandu wisata sejak tahun 1984.

Dia mengatakan tidak bisa menghitung lagi berapa turis dari seluruh dunia yang pernah dipandunya, namun situasi sekarang ini belum pernah ia alami sebelumnya.

"Tidak ada turis, tidak ada uang," katanya.

Tidak banyak tempat di dunia ini seperti Bali dimana hampir semua penduduknya menggantungkan diri dari industri pariwisata. Ditinggal Turis Asing, Begini Kondisi Bali Sekarang Photo: Seorang pengendara motor melewati Tugu Peringatan Bom Bali di Legian, daerah yang biasanya ramai dengan turis. (Reuters: Nyimas Laula)

 

Minggu lalu, pemerintah Indonesia menyatakan keadaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi angka penyebaran virus corona yang sekarang terjadi di seluruh dunia.

Indonesia telah melarang kedatangan semua warga asing, kecuali diplomat, pekerja kemanusiaan, serta mereka yang sudah punya status kependudukan sementara.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
1