Ditjen AHU Ubah Mental Pegawainya dengan Pelatihan Bela Negara

Ditjen AHU Ubah Mental Pegawainya dengan Pelatihan Bela Negara
Pelatihan kegiatan bela negara bagi pegawai negeri sipil (PNS) Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham yang digelar di Bogor, Jawa Barat, 23-26 Agustus. Foto: Kemenkumham

jpnn.com, BOGOR - Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengadakan pembinaan kesadaran bela negara bagi para pegawainya di Bogor, 23-26 Agustus 2017. Untuk kegiatan itu, Ditjen AHU menjalin kerja sama dengan Korps Brimob Mabes Polri.

Direktur Jenderal AHU Kemenkumham Freddy Harris mengatakan bahwa kegiatan latihan bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. guna menjalin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara yang seutuhnya.

“Dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat menambah pengalaman baru serta dapat meningkatkan rasa kedisiplinan dan loyalitas baik terhadap organisasi maupun pimpinan dalam diri pegawai,” tuturnya, Minggu (27/8).

Freddy menjelaskan, bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara yang dapat dilakukan secara fisik maupun non-fisik.  Pembelaan negara secara fisik di antaranya dengan cara perjuangan mengangkat senjata apabila ada serangan dari luar negeri sehingga menggangu kedaulatan NKRI. 

Ditjen AHU Ubah Mental Pegawainya dengan Pelatihan Bela Negara

Sedangkan pembelaan negara secara nonfisik diartikan sebagai semua usaha untuk menjaga bangsa serta kedaulatan negara melalui proses peningkatan nasionalisme. Kegiatan pelatihan ini juga meningkatkan kedisiplinan dan menjaga kekompakan dalam bekerja sama menyelesaikan tugas dalam rutinitas.  

“Serta meningkatkan budaya disiplin dalam melaksanakan segala kegiatan yang menjadi tanggung jawab sehari-hari dalam pelayanan hukum di Ditjen AHU,” ucapnya.

Kepala Bagian Kepegawaian Ditjen AHU Sucipto menambahkan, kegiatan itu diharapakan dapat mengubah karakter mental PNS dalam bekerja harus lebih baik lagi. Dengan demikian PNS Ditjen AHU peserta bela negara mampu menjadi pegawai yang profesional, akutabel, sinergis, transparan, berintegritas, serta meningkatkan loyalitas kepada organisasi maupun pimpinannya. 

Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengadakan pembinaan kesadaran bela

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News