Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Memonitor Program di Papua Barat

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Memonitor Program di Papua Barat
Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Paudah saat melakukan kegiatan monitoring di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Foto: Source for JPNN.com. 

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan monitoring di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat, 4 Juni 2022. 

Monitoring itu merupakan rangkaian joint supervision mission (JSM) terhadap program teknikal asistensi kerja sama Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia dalam program Kompak (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan). 

Monitoring diikuti oleh Kemendagri, Bappenas, Kementerian Desa PDTT, Pemerintah Provinsi Aceh, Pemprov Nusa Tenggara Barat, Pemprov Papua dan Pemprov Papua Barat dan perwakilan Kedutaan Besar Australia, serta tim implementasi program Kompak. 

Monitoring diterima langsung oleh Kepala Distrik Makbon Abner dan Kepala Kampung Malaumkarta Jefri Mobalen dan jajaran pemerintahan kampung, kepala Bamuskam serta perangkat kampung dan warga masyarakat. 

Kunjungan ke Kampung Malaumkarta untuk mengetahui teknis implemetasi Program Strategis Pembangunan Kampung (Prospek) dan sistem data terpadu Sistem Administrasi Integrasi Kependudukan atau SAIK+. 

Dalam pertemuan, Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Paudah mengatakan tujuan monitoring ini untuk mengetahui tantangan, kendala, dan permasalahan kampung dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan kampung. 

Kemendagri sebagai pembina dan pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah dan desa ingin memastikan program yang dilaksanakan di pemerintahan daerah dan desa selaras dengan kebijakan nasional.  Termasuk keberhasilan teknikal asisten yang dilakukan melalui pendampingan seperti halnya pendampingan Kompak kepada desa.

Paudah mewakili Ditjen Bina Pemdes Kemendagri menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kampung Malaumkarta yang telah memberdayakan kader kampung yang terlatih untuk melakukan entry data, memastikan akurasi data, dan pemutakhiran data dalam SAIK+. 

Ditjen Pemdes Kemendagri memonitor program di Kampung Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat, 4 Juni 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News