Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Beri Penghargaan 10 Kabupaten Terbaik dalam Pengelolaan Aset Desa

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Beri Penghargaan 10 Kabupaten Terbaik dalam Pengelolaan Aset Desa
Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Yusharto Huntoyungo saat Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Aset Desa Tahun Anggaran 2022 pada 30-31 Mei 2022 di Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center, Jakarta Barat, Selasa (31/5). Foto: Ditjen Pemdes Kemendagri.

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada 10 kabupaten terbaik atas Pembinaan dan Pengawasan di Bidang Pengelolaan Aset Desa dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Hasil Inventarisasi Aset Desa Tahun Anggaran 2021.

Penghargaan kepada 10 kabupaten terbaik itu diberikan pada saat kegiatan Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Aset Desa Tahun Anggaran 2022 pada 30-31 Mei 2022 di Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center, Jakarta Barat, Selasa (31/5). 

Kegiatan dibuka oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa  Kemendagri Yusharto Huntoyungo didampingi Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Lutfi T.M.A,  dan Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Aset Desa. 

Kegiatan diikuti oleh 127 peserta yang terdiri dari perwakilan pejabat DPMD provinsi, pejabat DPMD kabupaten/kota dan kepala desa dari 24 provinsi di Indonesia.  Narasumber yang hadir pada kegiatan adalah Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tatakelola Pemerintahan Desa dari BPKP RI.

Direktur Jenderal Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah kabupaten yang telah berupaya melakukan pembinaan dalam pengelolaan aset desa, dan menyampaikan Laporan Hasil Inventarisasi Aset Desa pada TA 2021.

Hingga akhir April, telah disampaikan Laporan Inventarisasi Aset Desa kepada Ditjen Bina Desa dari 42 kabupaten dan 1 kota pada 21 provinsi di Indonesia. 

"Jumlah keseluruhan aset desa yang telah diverifikasi sampai akhir April 2022 adalah sebanyak 3.222 desa pada 28 kabupaten atau sebesar 4,29 persen dari jumlah seluruh desa di Indonesia, dengan nilai aset desa  Rp 55.120.275.097.030. Kepada kabupaten yang lain kami harapkan dapat segera menyampaikan Laporan Hasil Inventarisasi Aset Desa kepada Kemendagri,” kata Yusharto dalam sambutannya saat rakernis sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (1/6).

Yusharto dan  Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Lutfi T.M.A kemudian memberikan secara langsung penghargaan kepada 10 kabupaten penerima piagam penghargaan. Adapun 10 kabupaten itu, yakni, 

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri memberikan penghargaan kepada 10 kabupaten terbaik atas pembinaan dan pengawasan di bidang pengelolaan aset desa. Ini daftarnya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News