Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Raih 2 Rekor MURI

Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Raih 2 Rekor MURI
Penyerahan rekor MURI kepada Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam. Foto: Humas Kemendikbudristek.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendapatkan dua penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). 

Hal ini setelah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek meraih rekor atas unit kementerian dengan fasilitas komputer kapasitas komputasi terbesar dan kolaborasi pembelajaran dengan satuan pendidikan dasar dengan mahasiswa terbanyak. 

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Diktiristek Kemendikbudristek Nizam berharap dua capaian itu bisa memacu pihaknya untuk terus berinovasi dan melakukan terobosan lainnya untuk memajukan pendidikan tinggi Indonesia. 

"Terima kasih kepada MURI yang telah memberikan penghargaan ini," kata Nizam dalam anugerah Diktiristek 2021, Kamis (13/1).

Dia menjelaskan di bidang teknologi, Ditjen Diktiristek meraih rekor atas unit kementerian dengan fasilitas komputer kapasitas komputasi terbesar. 

Rekor ini diraih atas layanan terbaru Ditjen Diktiristek, yaitu AI Centre. 

AI Center merupakan fasilitas server komputasi berkemampuan tinggi untuk pengembangan artificial intelligence (AI).  

Fasilitas superkomputer Dikti AI Center ini bertujuan untuk menciptakan talenta AI nasional melalui berbagai kegiatan pelatihan maupun pendidikan yang bekerja sama dengan industri dalam kaitannya dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 

Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek mendapatkan dua rekor MURI atas capaiannya di bidang pendidikan dan teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News