Ditjen Hubdat Gelar Electric Vehicle Fun Day di Balikpapan

Ditjen Hubdat Gelar Electric Vehicle Fun Day di Balikpapan
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar acara sosialisasi dan edukasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) bertema Electric Vehicle Fun Day di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (12/11). Foto dok Ditjen Hubdat

jpnn.com, BALIKPAPAN - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar acara sosialisasi dan edukasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) bertema Electric Vehicle Fun Day di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (12/11).

Digelarnya acara ini menjadi salah satu bentuk upaya pemerintah di bidang transportasi dalam mengajak masyarakat untuk beralih ke energi berkelanjutan.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam mempercepat penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 39 Tahun 2023 Tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

"Peraturan ini disusun untuk mewujudkan energi bersih, kualitas udara bersih dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca khususnya pada sektor transportasi jalan," ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan saat membacakan sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Selain itu, Indonesia merupakan pasar potensial dari segi produksi dan penggunaan kendaraan listrik.

Oleh karena itu, pemerintah turut mendorong penguasaan teknologi industri dan rancang bangun kendaraan demi mewujudkan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan bermotor.

Danto menuturkan perlu adanya sebuah sinergitas untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Dalam membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, pelaku industri otomotif, industri kreatif, dan komunitas serta masyarakat pada umumnya," tutur Danto.

Pemerintah turut mendorong penguasaan teknologi industri dan rancang bangun kendaraan demi mewujudkan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News