Ditjen Hubdat: Program Mudik Gratis yang Kami Lakukan Berjalan Lancar & Sukses

Ditjen Hubdat: Program Mudik Gratis yang Kami Lakukan Berjalan Lancar & Sukses
Para pemudik. Foto dok Ditjen Hubdat

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) terus melakukan berbagai antisipasi agar arus mudik lebaran berjalan lancar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan berbagai terobosan agar Angleb 2023 tahun ini berjalan lancar, seiring dengan tema Mudik Aman Berkesan.

Di antaranya yaitu dengan penyediaan program Mudik Gratis, dengan skema mengangkut penumpang menggunakan bus dan mengangkut sepeda motor dengan truk.

“Alhamdulillah program mudik gratis yang kami lakukan berjalan lancar dan aman. Dan yang membuat hati kami bahagia adalah para pemudik merasa senang dengan program yang kami lakukan itu. Dari data yang ada total kuota mudik 24.072 peserta dengan tujuan kota mudik sebanyak 28 kota/kabupaten,” kata Hendro.

Pada mudik gratis ini pihaknya menggunakan 585 bus, dengan rincian 459 bus arus mudik yang diberangkatkan dari lima terminal di Jabodetabek yaitu Terminal Jatijajar Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Pulogebang Jakarta dan Terminal Kampung Rambutan Jakarta.

Lalu sebanyak 126 bus akan digunakan untuk arus balik yang akan diberangkatkan dari 8 kota/kabupaten.

“Untuk kuota sepeda motornya ada sebanyak 900 unit yg terdiri dari 450 unit mudik dan 450 arus balik. Sedangkan untuk total 30 truk dengan 5 kota tujuan yaitu Madiun, Wonogiri, Solo, Yogyakarta dan Purwokerto,” jelas Hendro.(chi/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Penyediaan program Mudik Gratis dengan skema mengangkut penumpang menggunakan bus dan mengangkut sepeda motor dengan truk.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News