Ditjen Politik dan PUM Kemendagri Raih Prestasi Tinggi Dalam Standar Pelayanan Publik

Ditjen Politik dan PUM Kemendagri Raih Prestasi Tinggi Dalam Standar Pelayanan Publik
Ditjen Politik dan PUM Kemendagri meraih prestasi tinggi dalam standar pelayanan publik. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Ombudsman mengumumkan bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah berhasil mempertahankan prestasi gemilangnya dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

Dalam penilaian tersebut, Kemendagri berhasil meraih predikat Zona Hijau, menegaskan dedikasinya dalam menyediakan pelayanan publik yang berkualitas serta memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan.

Terkait dengan hal tersebut Ombudsman melakukan kunjungan dalam rangka menyampaikan piagam penghargaan dan hasil penilaian kepatuhan Tahun 2023 kepada Kemendagri RI yang dilaksanakan di Gedung A, Lantai 3, Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jumat (15/3).

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan pada tahun 2023, yang menjadi motivasi bagi Kemendagri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sejak pembentukannya pada tahun 2014, Unit Layanan Administrasi (ULA) Kemendagri telah mengemban misi untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan ketepatan waktu pelayanan, sejalan dengan dasar hukum yang mengatur pelayanan publik di Indonesia," kata Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana pada Sekretariat Jenderal Kemendagri Evan Nur Setya Hadi.

Dia mengatakan melalui berbagai transformasi dan inovasi, termasuk penggunaan sistem informasi online seperti SIOLA, Kemendagri terus berupaya memperluas dan memperbaiki layanan administratif.

"Kemendagri berkomitmen untuk terus menghadirkan kemudahan akses dan kualitas pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat,” katanya.

Ombudsman melalui Tim Keasistenan Manajemen Pengetahuan dan Penilaian Kepatuhan Keasistenan Utama Manajemen Pencegahan Maladministrasi Ombudsman mengumumkan dalam lokus penilaian dan evaluasi atas implementasi standar pelayanan publik di lingkungan Kemendagri terhadap produk layanan administrasi sesuai dengan undang-undang nomor 25 tahun 2009.

Direktorat Kewaspadaan Nasional dan Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan PUM Kemendagri mendapatkan penilaian tinggi, meraih Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) dengan nilai rata-rata 90,47 atau Zona Hijau sehingga Kemendagri menjadi Top 4 di tingkat Kementerian.

Ditjen Politik dan PUM Kemendagri meraih prestasi tinggi dalam standar pelayanan publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News