Dituding Rasis, Maskapai Jepang Minta Maaf

Dituding Rasis, Maskapai Jepang Minta Maaf
All Nipon Airways (ANA). FOTO: getty images

jpnn.com - TOKYO - Maskapai Jepang, All Nippon Airways (ANA), terpaksa harus meminta maaf atas tayangan iklan komersial miliknya karena dinilai rasis. Iklan itu selain dikeluhkan pelanggannya juga menuai kecaman di media sosial.

Disebutkan, iklan ANA airways berdurasi 30 detik yang ditayangkan sejak Sabtu lalu, sebenarnya hendak mempromosikan jadwal penerbangan internasional dari Bandara Haneda Tokyo yang bakal dimulai Maret mendatang. Tayangan itu menunjukkan dua orang Jepang dengan seragam ANA berdialog dalam bahasa Inggris tentang bagaimana mereka meningkatkan citra maskapai internasional.

"Mari kita mengubah citra orang Jepang," kata seorang di antaranya.  "Tentu," jawab artis lainnya, yang digambarkan sebagai orang barat dengan mengenakan wig pirang dan hidung karet panjang.

Tayangan iklan tersebut menyebabkan kegemparan di kalangan pengguna media sosial berbahasa Inggris di Jepang. Beberapa komentar menyindir tentang rasisme "Aku baru saja melihat iklan ANA terbaru ... Benarkah?" tulis Angela Fukutome dalam pesan yang diposting pada halaman Facebook ANA, seperti dilansir asiaone, Senin(20/1).

"Jika anda adalah orang asing dan telah merencanakan untuk datang ke #Jepang tidak akan memilih sebuah maskapai penerbangan secara terbuka rasis seperti # ANA! Lihat tayangan komersial Jepang mereka," tulis twitter akun # sibylleito.

Pihak ANA sendiri telah meminta maaf, namun belum jelas apakah bakal menarik tayangan komersial itu. "Kami meminta maaf kepada setiap pelanggan karena telah menyebabkan perasaan tidak nyaman dan juga berterima kasih kepada mereka untuk menyampaikan masalah ini," kata seorang juru bicara ANA. (esy/jpnn)


TOKYO - Maskapai Jepang, All Nippon Airways (ANA), terpaksa harus meminta maaf atas tayangan iklan komersial miliknya karena dinilai rasis. Iklan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News