Diutus Demokrat, Ini Kata Ibas soal PAN dan Hubungan Hatta-SBY

Diutus Demokrat, Ini Kata Ibas soal PAN dan Hubungan Hatta-SBY
BISIK-BISIK: Sekjen Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (kanan) bersama Syarif Hasan, saat menghadiri pembukaan Kongres PAN di Bali. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), bersama Ketua Harian Syarif Hasan hadir di pembukaan Kongres IV PAN, Sabtu (28/2) malam di Bali, mewakili Ketua Umum Demokrat Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Lantas apa harapannya pada Kongres partai pimpinan Hatta Rajasa?

"Saya secara pribadi maupun Partai Demokrat mengucapkan selamat kepada PAN yang hari ini menyelenggarakan kongres. Semoga kongresnya berjalan lancar dan bisa menghasilkan segara keputusan yang baik bagi PAN dan kemajuan bangsa kita ke depan," kata Ibas, sebelum meninggal arena kongres.

Ibas juga menegaskan bahwa Partai Demokrat yang saat ini dipimpin besan Ketum PAN Hatta Rajasa, siap bekerjasama dengan partai manapun, termasuk PAN. Sehingga bisa bersama-sama menyelesaikan segala permasalahan bangsa.

Nah, saat ditanya mengenai adanya anggapan bahwa sosok SBY selaku ketum Partai Demokrat dan berhubungan besan dengan Hatta, masih berpengaruh terhadap kepemimpinan Hatta di PAN, Ibas mengaku tidak mau menanggapinya.

"Ya saya tidak akan menjawab itu, tentunya ini adalah rumah tangga PAN. PAN sendiri yang akan menjelaskan itu dan semuanya pasti memiliki jawaban yang meyakinkan," tandasnya.

Sebelumnya Departemen politik Center for Strategic and International Studies (CSIS), Philips J Vermonte, menyatakan pertarungan dua kandidat ketum PAN, Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan, juga sebagai ajang unjuk kekuatan antara SBY-Amien Rais. Ini karena adanya politik kekerabatan.

Ini menurutnya bisa terjadi karena hubungan besan antara SBY dengan Hatta dan hubungan sama antara Amien Rais dengan Zulkifli Hasan. Karenanya, Philips menyebut pertarungan Hatta-Zulkifli di Kongres PAN Bali juga akan menentukan apakah yang menang SBY atau Amien Rais.

JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), bersama Ketua Harian Syarif Hasan hadir di pembukaan Kongres IV

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News