Diwarnai Kontroversi Video, Chile Taklukkan Kamerun

Diwarnai Kontroversi Video, Chile Taklukkan Kamerun
Chile menundukkan Kamerun di Piala Konfederasi 2017. Foto: AFP

jpnn.com, MOSCOW - Wakil Conmbeol, Chile berhasil mengalahkan Kamerun dengan skor 2-0 dalam laga fase grup Piala Konfederasi 2017, di Otkrytiye Arena, Moscow, Senin (19/6) dini hari WIB.

Hanya saja, ada satu kontroversi yakni dianulirnya satu gol Chile setelah VAR (Viedo Assistant Referee) bekerja. Kedua gol Chile lahir di pengujung pertandingan. Gol pertama lewat sundulan kepala Arturo Vidal pada menit 81 usai menerima umpan Alexis Sanchez.

Sedangkan gol kedua melalui tendangan Eduardo Vargas pada menit akhir laga. Tendangan Sanchez mampu diamankan pemain Kamerun. Bola muntah langsung disambar Vargas. Hakim garis sebenarnya telah mengangkat bendera pertanda offside. Namun, lewat VAR akhirnya wasit mengesahkan gol tersebut.

La Roja - julukan timnas Chile, sebenarnya sudah unggul jelang babak pertama berakhir. Arturo Vidal melepaskan umpan terobosan dan dikonversi menjadi gol oleh Vargas. Para pemain Chile langsung melakukan selebrasi karena wasit meniup peluit pertanda gol. Apalagi hakim garis tak mengangkat bendera.

Dalam tayangan ulang, posisi Vargas saat menerima umpan terlihat onside. Namun, dua menit kemudian, wasit Damir Skomina menganulir gol tersebut setelah VAR bekerja. Vargas dinilai telah berada dalam posisi offside.

Tayangan ulang resmi FIFA baru muncul lima menit setelah babak kedua dimulai. Itu menunjukkan kaki Vargas memang sedikit melebihi bek Kamerun, Adolphe Teikeu. Berdasar VAR, Vargas dalam posisi offside dan memang sangat ketat.

Anehnya, wasit mengesahkan gol kedua Chile yang dicetak Vargas. Gol bermula dari Sanchez yang lolos dari jebakan offside dan kemudian berlari ke pertahanan Kamerun. Tendangannya diamankan bak Kamerun, bola muntah disambar Vargas.

Tendangan Vargas memang tak masalah. Tapi, proses Sanchez saat mendapat umpan yang diteliti melalui VAR. Maklum saja, hakim garis sebenarnya sudah mengangkat bendera pertanda offside. Artinya, gol Vargas tidak sah karena Sanchez telah offside terlebih dahulu.

Wakil Conmbeol, Chile berhasil mengalahkan Kamerun dengan skor 2-0 dalam laga fase grup Piala Konfederasi 2017, di Otkrytiye Arena, Moscow, Senin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News