Djarot-Sihar Representasi Komplet Keberagaman Sumut

Djarot-Sihar Representasi Komplet Keberagaman Sumut
Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komposisi penduduk Provinsi Sumatera Utara dinilai menguntungkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. Pasalnya, pasangan itu lebih komplet merepresentasikan berbagai warna di Sumut.

BPS mencatat Sumatera Utara dihuni etnis Batak (44,57 persen), Jawa (33,28 persen), Nias (7,03 persen), Melayu (5,95 persen), Tionghoa (2,62 persen), Minangkabau (2,57 persen), dan Aceh (1,02 persen).

Djarot yang berdarah Jawa dan seorang muslim berpengalaman menjadi kepala daerah di Blitar dan DKI Jakarta. Sedangkan Sihar adalah pengusaha dan tokoh sepak bola nasional berdarah Batak kental kelahiran Jakarta.

Karena itu, duet Djarot-Sihar paling berpeluang menggarap suara dari pemilih beretnis Batak dan Jawa, serta pemeluk Islam dan Kristen.

Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck) yang didukung PKS, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Partai Hanura, dan NasDem, sebenarnya juga cukup mewakili keanekaragaman Sumut. Edy yang kelahiran Aceh berduet dengan Ijeck yang lahir di Medan dan beragama Islam.

Namun, pasangan ini terganggu atas dugaan korupsi dana interpelasi kepada puluhan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 yang diduga melibatkan Ijeck. Ijeck bahkan telah diperiksa KPK beberapa kali.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai, pasangan Djarot-Sihar juga berpeluang besar mendapat limpahan suara dari pendukung JR Saragih-Ance Selian karena alasan sosiologis.

"Kecenderungannya akan lebih menguntungkan Djarot-Sihar," ujar Qodari di Jakarta, Minggu (17/6).

Pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus dinilai lebih komplet merepresentasikan berbagai warna di Sumut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News