Djarum Foundation Bantu Rumah Sakit Covid-19 Lengkapi Peranti Oksigen Beraliran Tinggi

Djarum Foundation Bantu Rumah Sakit Covid-19 Lengkapi Peranti Oksigen Beraliran Tinggi
Djarum Foundation donasikan peranti oksigen beraliran tinggi. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Dr Pesta Parulian Maurid Edwar Sp An, selaku Kepala Humas RSUD Dr Soetomo mengatakan perawatan pasien Covid-19 sangat membutuhkan piranti alat bantu pernapasan.

Oleh karena itu, rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19 setidaknya membutuhkan empat tipe piranti, yakni mask nasal (alat bantu pernafasan menggunakan masker), High Flow Nasal Cannula (Terapi Oksigen Beraliran Tinggi), Noninfasif Ventilator, dan Infasif Ventilator.

"Dengan flow oksigen yang tinggi, mampu menjadi langkah awal menyelamatkan pasien dari keterpurukan dalam capaian oksigen. Dan ini merupakan tahapan ke dua dari pemakaian terapi oksigen untuk keterpurukan oksigen yang parah," kata dr Pesta dalam siaran resmi, Rabu (30/12).

"Dengan penggunaan HNFC itu bisa membantu untuk menunda atau jangan sampai pasien tersebut jatuh ke ventilator yang infasif."

NFNC merupakan piranti alat pernapasan yang penggunaannya sederhana, noninfasif, tidak terlalu memakan tempat karena bisa digunakan baik mode hand carrie maupun mode station.

HFNC mampu menyetok oksigen sebanyak 60 liter per menit dengan fraksi oksigen 100 persen.

"Jika gagal dengan HFNC bisa naik ke noninfasif ventilator, dan kalau itu gagal baru naik ke ventilator yang infasif, jadi harapannya dengan HFNC saja sudah bisa teratasi," katanya.

Penggunaan HNFC sangat dibutuhkan karena pasien Covid-19 banyak mengalami happy hipoksia.

Rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19 setidaknya membutuhkan empat tipe piranti alat bantu pernapasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News