DK PBB Apresiasi Cara Indonesia Tanggulangi Terorisme

DK PBB Apresiasi Cara Indonesia Tanggulangi Terorisme
Kepala BNPT Bersama Pejabat Perwakilan Tetap RI di New York. Foto: BNPT

jpnn.com - jpnn.com - Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (DK PBB/Security Council UN) memberikan apresiasi dan penilaian positif terhadap langkah pemerintah Republik Indonesia dalam penanggulangan terorisme.

Yakni dari perspektif soft approach (pencegahan) maupun hard approach (penindakan), kerja sama regional dan global, termasuk penanganan isu Foreign Terrorist Fighter (FTF).

Apresiasi itu disampaikan menanggapi paparan yang dilakukan oleh Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius dalam pertemuan Security Council UN di New York, Kamis (26/1) waktu setempat.

"Banyak negara yang tergabung dalam DK PPB langsung mengungkapkan apresiasinya atas upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia. Mereka juga memuji langkah positif dengan menggabungkan upaya pencegahan dan penindakan, dan penanganan FTF," kata Suhardi, Jumat (27/1).

Suhardi juga menyampaikan bahwa upaya-upaya itu telah dijalankan meski Undang-Undang Terorisme masih dalam tahap pembahasan untuk direvisi untuk penguatan.

Selain itu, mantan Kabareskrim Polri ini juga mengusulkan kepada forum DK PBB agar mendukung Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB tahun 2019-2020.

"Saya juga sampaikan tentang peran signifikan NU dan Muhammadiyah melalui ulama-ulamanya dalam membantu BNPT mereduksi pemikiran radikal kelompok yang berpotensi radikal. Saya juga menyinggung peran PPATK yang menjadi koordinator dalam memonitor pendanaan terorisme di Indonesia," jelas Suhardi.

Suhardi menjelaskan bahwa terorisme adalah masalah global dan membutuhkan upaya maksimal dan serius untuk menanggulanginya.

Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (DK PBB/Security Council UN) memberikan apresiasi dan penilaian positif terhadap langkah pemerintah Republik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News