DKI Paling Diminati Balon Kada Jalur Perseorangan

DKI Paling Diminati Balon Kada Jalur Perseorangan
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merilis sejumlah catatan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 yang digelar serentak di 101 daerah pada Februari mendatang. 

Menurut mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan tersebut, dari segi anggaran, seluruh pemerintah daerah telah memenuhi sesuai kebutuhan yang ada. 

Dengan demikian diharapkan pilkada dapat berjalan lebih baik dari pelaksanaan pilkada serentak tahap pertama yang digelar pada 2015 lalu.

Selain dari segi anggaran, pilkada kata Tjahjo kini juga melewati masa penyerahan berkas dukungan bakal calon perseorangan untuk pemilihan gubernur, 3-7 Agustus kemarin. 

Dari laporan diperoleh informasi untuk pemilihan Gubernur Aceh, terdapat tiga pasangan bakal calon yang mendaftar. Gorontalo satu pasangan, Banten empat pasangan dan DKI Jakarta delapan pasangan.

"Untuk DKI Jakarta semuanya tidak memenuhi syarat," ujar Mendagri, Selasa (9/8).

Tjahjo berharap pelaksanaan pilkada serentak tahap kedua dapat berjalan sukses, karena menjadi cerminan bagi kesuksesan pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang akan digelar serentak 2019 mendatang. 

"Jadi kesiapan serta koordinasinya harus optimal. Setidaknya harus mampu menjamin adanya transparansi dan integritas pemilu itu sendiri, khususnya Pileg serentak 2019 yang akan datang," kata Tjahjo.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merilis sejumlah catatan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News