DKP Aceh Bakal Tenggelamkan 3 Kapal Nelayan Thailand

DKP Aceh Bakal Tenggelamkan 3 Kapal Nelayan Thailand
Ilustrasi kapal diledakkan. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh akan menenggelamkan tiga kapal nelayan asal Thailand yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia.

Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh, T Diaudin memastikan kapal trawl tersebut masih di Aceh Barat dengan kawalan ketat Badan Keamanan Laut (Bakamla) setempat. 

"Ketiga kapal tersebut akan ditenggelamkan dalam waktu segera mungkin," ujar T Diaudin  kepada Rakyat Aceh (Jawa Pos Group), Kamis (12/1).

Menurutnya, kapal itu ditangkap awal tahun lalu patroli Airud Aceh Barat karena telah memasuki perairan Indonesia. Sedangkan awaknya sudah dihukum dan ada yang sudah dipulangkan ke negara asal.

Diaudin mencatat, jumlah kapal asing yang ditangkap tahun lalu terus berkurang. Ia menyebutkan, sekitar tujuh kapal yang telah ditenggelamkan di pantai timur dan utara.

Ia mengakui perairan Aceh merupakan kawasan srategis yang sangat potensial bagi pihak luar mencuri ikan. Dengan adanya penenggelaman kapal, maka beberapa kapal trawl luar Indonesia mulai berpikir masuk ke perairan Aceh.

"Semoga ke depan nelayan Aceh semakin banyak hasil tangkapannya," kata Diaudin.

"Laut kita punya potensi ikan yang cukup lumayan, terutama tuna karena berbatasan dengan laut samudera hindia," sebutnya.(imj/mai)

 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh akan menenggelamkan tiga kapal nelayan asal Thailand yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News