DLH DKI Gelar Gerakan Jakarta Sadar Sampah, Semua RW Terlibat

DLH DKI Gelar Gerakan Jakarta Sadar Sampah, Semua RW Terlibat
Pengendara melintas di kawasan SCBD yang menjadi salah satu pusat bisnis di DKI Jakarta. Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyelenggarakan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS) dalam rangka Jakarta Hajatan 2022.

Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan PGJSS adalah rangkaian kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga yang dilakukan secara bersamaan dan kolosal di seluruh DKI Jakarta selama satu pekan.

Dia menyebut kegiatan pengelolaan sampah itu bakal berlangsung dari 20 hingga 25 Juni mendatang.

Kegiatan Pekan Sadar Sampah juga bakal melibatkan seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam mengimplementasikan Pergub 77 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga.

“Melibatkan 2.743 RW di seluruh Jakarta, pelaksanaan PGJSS juga untuk mendukung implementasi Ingub Nomor 49 Tahun 2021 yang salah satunya adalah terlaksananya pengangkutan sampah terjadwal pada 50 persen RW atau 1.369 RW,” ucap Asep, Kamis (9/6).

Asep menyebut DLH DKI Jakarta telah menyediakan alat pendukung sosialisasi (campaign kit) PGJSS berupa 3.000 spanduk kegiatan untuk setiap RW, 15.000 buah poster instruksi kerja untuk setiap RT, dan 3.000 buah rompi Jakarta Sadar Sampah untuk setiap Ketua BPS RW se-Jakarta.

Sementara tiap sudin lingkungan hidup kota dan kabupaten telah mengadakan alat kebersihan untuk mendukung kinerja bidang pengelola sampah RW. Semua Sarana itu akan dibagikan sebelum PGJSS digelar.

Rangkaian kegiatan PGJSS 2022 di antaranya pengumpulan secara terjadwal sampah mudah terurai, sampah material daur ulang, sampah bahan berbahaya dan beracun (B3) rumah tangga, dan kerja bakti massal.

Dinas Lingkungan Hidup atau DLH DKI Jakarta menyelenggarakan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS) dalam rangka Jakarta Hajatan 2022. Begini kegiatannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News