Dokter India Pegang Rekor Angkat 172.155 Batu Ginjal

Dokter India Pegang Rekor Angkat 172.155 Batu Ginjal
Dokter India Pegang Rekor Angkat 172.155 Batu Ginjal
DHULE - Seorang dokter asal Dhule, India, tercatat dalam Guinness Book of Record karena berhasil mengambil 172.155 batu dari satu ginjal. Batu ginjal itu diambil dokter Ashish Rawandale-Petil dari perut pasien bernama Dhanraj Wadile (45) pada Desember tahun lalu.

Rawandale mengungkpkan, saat Wadile pertama berobat, pria yang keseharianya berdagang kacang betel itu sering  mengeluh sakit di bagian bawah perut. Kepada Rawandale, dia mengaku penyakitnya sudah berlangsung 6 bulan dan tak kunjung sembuh meski telah bergonta-ganti dokter.  "Dari hasil diagnosa, di ginjal kirinya ada batu," ucap Rawandale yang merupakan dokter ahli penyakit saluran kencing di Tejnaksh Healthcare Institute.

Setelah melalu berbagai pemeriksaan, Wadile diputuskan akan menjalani operasi karena ditemukan banyak batu di dalam salah satu ginjalnya.

Namun soal jumlahnya, Rawandale mengaku tak pernah membayangkan akan sebanyak itu.

"Kami mengoperasi dia (Wadile) selama empat jam, dan tak pernah menyangka jumlah batu yang diambil bisa segitu," ungkap Rawandale, seperti dikutip zeenews, Selasa (16/11).

DHULE - Seorang dokter asal Dhule, India, tercatat dalam Guinness Book of Record karena berhasil mengambil 172.155 batu dari satu ginjal. Batu ginjal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News