Dokter Kumala Menjelaskan tentang Gagal Ginjal

Dokter Kumala Menjelaskan tentang Gagal Ginjal
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com, PONTIANAK - Dr Hygiena Kumala Suci menjelaskan mengenai masalah gagal ginjal dan cara pencegahannya.

Dokter di RSUD Soedarso Pontianak, Kalimantan Barat, itu mengatakan, jika fungsi ginjal sudah bermasalah maka harus cuci darah dan itu terapi seumur hidup dengan biaya yang mahal.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cuci darah adalah terapi seumur hidup dan biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit, yakni berkisar 800 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah setiap sesi tergantung tipe rumah sakit dan peralatan yang digunakan," katanya di Pontianak, seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, pasien harus mengorbankan waktu anda 10-15 jam dalam seminggu untuk sesi cuci darah di “rumah sakit. :Karena itulah kesehatan ginjal harus benar-benar dijaga,” tambah dia.

Dokter pelaksana dialisis ini menjelaskan ginjal adalah salah satu organ penting bagi tubuh untuk mengeluarkan racun dan cairan berlebih dalam tubuh melalui air kemih.

"Bila terjadi kerusakan ginjal maka akan terjadi penumpukan racun dan air yang akan membahayakan tubuh hingga mematikan. Penurunan fungsi ginjal inilah yang disebut gagal ginjal," kata dia.

Data Kementerian Kesehatan RI pada 2017 sebanyak 0,2 persen dari total penduduk Indonesia menderita gagal ginjal.

"Kemudian menurut laporan Indonesian Renal Registry sebanyak 108.723 penduduk Indonesia menjalani terapi cuci darah akibat gagal ginjal," jelas dia.

Dokter Hygiena Kumala Suci dari SUD Soedarso Pontianak, Kalbar, menjelaskan mengenai masalah gagal ginjal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News