Dokter Nalendra Beberkan Kondisi Pasien Covid-19 yang Terjangkiti Varian India

Dokter Nalendra Beberkan Kondisi Pasien Covid-19 yang Terjangkiti Varian India
Penanggung Jawab RSLI Surabaya Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara (tengah) menyampaikan kondisi terkini tiga pasien yang terpapar varian B16172 India, Selasa (15/6). Foto: Humas RSLI

jpnn.com, SURABAYA - Kondisi terkini tiga pasien yang terjangkiti Covid-19 varian B16172 Delta strain India mengalami gejala ringan hingga sedang.

Menurut Penanggung Jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura atau RSLI Surabaya Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, ketiga pasien itu mempunyai CT Value di bawah 18.

Ketika pasien itu berasal dari klaster Madura atau terjaring dari pos penyekatan Jembatan Suramadu. Mereka masuk rumah sakit sejak 6 Juni lalu.

"Satu gejala ringan, batuk berdahak tanpa komorbid, kedua gejala ringan, demam dengan komorbid DB. Kemudian satu tanpa gejala, tanpa komorbid," kata Nalendra di Surabaya, Selasa (15/6).

Dia menjelaskan bahwa pasien yang tanpa gejala dan tidak ada komorbid itu pindah faskes pada 12 Juni 2021 lalu ke RS Bojonegoro dengan pertimbangan lebih dekat dengan domisilinya.

Berdasarkan data pasien klaster Madura yang dirawat di RSLI, ada lima sampel yang whole genome sequencing-nya dilakukan di Litbangkes Jakarta dan hasilnya tidak ada mutasi virus baru.

"Yang 32 sampel masih belum keluar hasilnya," ujar dia.

Menurut Nalendra, di Institute of Tropical Disease (ITD) Unair sendiri ada sebanyak 11 sampel yang belum keluar. Tetapi, ada sepuluh sudah selesai di mana tiga di antaranya adalah varian B16172.

Ketiga pasien yang terpapar varian B16172 dalam kondisi ringan dan sedang, dua dirawat di Surabaya dan satu di Bojonegoro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News