Dokter Spesialis Anak Tegaskan Air Galon Guna Ulang Tak Sebabkan Autisme

Dokter Spesialis Anak Tegaskan Air Galon Guna Ulang Tak Sebabkan Autisme
Dokter spesialis anak Prof. DR.dr Rini Sekartini menegaskan bahwa air kemasan galon sifatnya aman untuk dikonsumsi karena sudah mendapat izin dari BPOM. Ilustrasi Foto: dok pri

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis anak Prof. DR.dr Rini Sekartini menegaskan bahwa air kemasan galon sifatnya aman untuk dikonsumsi karena sudah mendapat izin dari BPOM.

“Air galon yang sudah diijinkan dari BPOM harusnya aman untuk dikonsumsi” tutur dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Jakarta.

Rini menambahkan air kemasan galon tidak ada hubungannya dengan penyebab autis.

Menurutnya, autis itu multifactor dan tidak terkait asupan makanan dan minuman.

“Tidak bisa, penyebab autis multifactor, tidak terkait asupan makanan atau minuman,” jelas Rini

Selaras dengan Rini, Dokter Spesialis anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Anak, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH menegaskan bahwa tidak pernah ada anak menjadi autis karena mengonsumsi air galon guna ulang.

“Yang mengatakan autis itu karena ibunya waktu hamil terlalu banyak minum air galon guna ulang itu jelas salah. Tidak ada hubungannya itu,” tuturnya.

Sementara itu Dr. Muhammad Alamsyah, dr., Sp.OG(K), M.Kes., dokter spesialis kandungan yang juga Ketua Pokja Infeksi Saluran Reproduksi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), memastikan air dari AMDK galon aman dikonsumsi para ibu hamil dan anak balita.

Dokter spesialis anak Prof. DR.dr Rini Sekartini menegaskan bahwa air kemasan galon sifatnya aman untuk dikonsumsi karena sudah mendapat izin dari BPOM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News