Donald Trump Tamat, Menlu Retno Dorong ASEAN Perkuat Kerja Sama dengan Amerika Serikat

Donald Trump Tamat, Menlu Retno Dorong ASEAN Perkuat Kerja Sama dengan Amerika Serikat
Pertemuan para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dilaksanakan secara virtual, Selasa (10/11/2020). Foto: Twitter resmi Kemlu RI

jpnn.com, JAKARTA - Dalam pertemuan para menteri luar negeri ASEAN (AMM), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyoroti penguatan kerja sama dengan Amerika Serikat menyusul terpilihnya presiden dan wakil presiden AS yang baru.

Joe Biden dan pasangannya, Kamala Harris, memenangi pemilu presiden AS pada akhir pekan lalu setelah melampaui ambang 270 suara elektoral yang diperlukannya untuk melenggang ke Gedung Putih.

Dengan kemenangan kandidat Partai Demokrat itu, Indonesia dan ASEAN menyatakan kesiapannya untuk memperkuat kemitraan dengan AS yang berprinsip pada kesetaraan, saling menghargai, dan saling menguntungkan.

“Kemitraan yang kita inginkan adalah kemitraan yang memegang teguh prinsip dan nilai multilateralisme, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah, dan penghormatan terhadap hukum internasional,” ujar Menlu Retno dalam pengarahan media usai pertemuan AMM, Selasa.

“Indonesia juga berharap Amerika Serikat dapat menjadi kekuatan positif bagi terwujudnya perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan dan menjadi mitra ASEAN dalam mengimplementasikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik--red),” Retno menambahkan. (ant/dil/jpnn)

Tamatnya karier kepresidenan Donald Trump membuka pintu bagi ASEAN untuk bekerja sama lebih erat dengan Amerika Serikat


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News