Dongkrak Koperasi dan UMKM di Ternate

Dongkrak Koperasi dan UMKM di Ternate
Dongkrak Koperasi dan UMKM di Ternate

jpnn.com - TERNATE – Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM terus membina para pelaku usaha kecil menengah. Salah satunya, melakukan temu mitra KUKM di Ternate. Acara itu bertajuk membangun produk KUKM berdaya saing dan mengembangkan KUKM yang kreatif.

Pembinaan dan bedah pelaku UKM tersebut dihadiri Dirut LLP-KUKM Ahmad Zabadi serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara (Malut) Mulyadi Wowor. Selain itu, Corporate Communication Division Head PT Modern Sevel Indonesia Neneng Sri Mulyati, desainer perhiasan Fitria Nahdi, serta para pakar dan pelaku UKM. 

Mereka berbagi pengalaman serta berdiskusi tentang cara memasarkan dan mempromosikan produk-produk kreatif.

’’Lembaga kami siap disibukkan untuk membantu mempromosikan dan memperluas jaringan pemasaran para UKM di Malut. Namun, UKM harus percaya diri dan berani memasarkan produk secara global. Termasuk produk bisa dipasarkan di ritel modern,’’ tutur Zabadi.

Untuk menghadapi pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), para pelaku UKM tidak boleh hanya menjadi penonton. ’’Mereka harus berani bersaing untuk memasarkan produk,’’ ucapnya.

Sementara itu, Mulyadi menambahkan, perkembangan UKM di Malut begitu bergairah. Buktinya, di antara sekitar 200 ribu penduduk Malut, 3 ribu warga menjadi pelaku UKM. Hal tersebut menandakan UKM di Malut juga bersemangat mempromosikan produk unggulan.

’’Bahkan, saya punya program bagi pelaku UKM untuk mempromosikan produk ke kota besar di Indonesia. Misalnya, Jakarta. Kami juga akan mempromosikan di Galeri UKM Smesco,’’ terang Mulyadi.

Dia menyebutkan, petugas dinas atau pelaku UKM yang bertugas atau berkunjung ke Jakarta selalu dititipi 20 kilogram (kg) barang-barang UKM. ’’Ya, kalau perempuan, cukup bawa 10 kg produk untuk dititipkan ke Smesco,’’ tuturnya. Mulyadi pun menyebutkan, produk khas Malut adalah batu akik hingga makanan laut. Contohnya, abon ikan dan sagu tidore.

TERNATE – Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM terus membina para pelaku usaha kecil menengah. Salah satunya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News