Dongkrak Perekonomian, Kaltim Andalkan Sungai Mahakam

Dongkrak Perekonomian, Kaltim Andalkan Sungai Mahakam
Hariyanto (merah, tengah). Foto: Kemenpar

jpnn.com, SAMARINDA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mengoptimalkan elemen-elemen pariwisata untuk memacu roda perekonomian daerah.

Salah satu kerja nyatanya, Kementerian yang dipimpin oleh Arief Yahya ini melakukan seminar Sosialisasi Branding Pesona Indonesia yang berbarengan dengan kegiatan Dekonsentrasi Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur di Hotel  Harris, Samarinda, pada 22- 24 Maret 2017.

Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan, ada empat point pokok yang dibahas  dalam acara sosialisasi tersebut.

Yakni strategi analisis situasi, strategi formulasi, implementasi strategi, brand and branding.

Dalam acara yang didukung oleh Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar itu dihadiri oleh sepuluh dinas pariwisata dari sepuluh kabupaten dan kota di Kaltim, Mitra Dispar Kaltim, OPD terkait dan beberapa komunitas di dunia pariwisata. Kemenpar langsung diwakili oleh Hariyanto.  

"Poin paparannya adalah kami tetap berpatokan pada amanah pembangunan nasional bidang pariwisata yakni meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan  sambil meningkatkan kontribusinya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di daerah tujuan wisata, maka dari itu kami terus konsisten menggelar sosialisasi branding ini,” Kata Esthy.

Hariyanto menambahkan poin, pokok implementasi di acara sosialisasi branding tersebut ada sepuluh program prioritas Kemenpar.

Tiga poin menjadi pokok utama yakni  digital tourism (E-tourism), homestay (rumah wisata), airlines/airport.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mengoptimalkan elemen-elemen pariwisata untuk memacu roda perekonomian daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News