Dongkrak Potensi Pariwisata, IA-ITB Meluncurkan Tobaverse

Dongkrak Potensi Pariwisata, IA-ITB Meluncurkan Tobaverse
IA-ITB melakukan inovasi dengan meluncurkan Tobaverse, yaitu suatu platform metaverse Danau Toba. Foto dokumentasi IA-ITB

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) melakukan inovasi dengan meluncurkan Tobaverse, yaitu suatu platform metaverse Danau Toba.

Platform itu memungkinkan masyarakat mengeksplor secara 3D kawasan Danau Toba. Aplikasi ini diharapkan mendorong pariwisata di Sumatera Utara, khususnya Danau Toba.

“Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui platform metaverse Danau Toba ini," kata Gembong Primadjaja, Ketua Umum Pengurus Pusat IA-ITB, dalam siaran pers, Jumat (22/7). 

Para peneliti selain bisa melihat lebih jelas susunan kontur baik di permukaan maupun di bawah permukaan, masyarakat dan pihak yang terkait dengan pembangunan juga bisa melakukan perancangan di atas kontur riil kawasan Danau Toba ini.

Selain itu, juga adanya berbagai permainan seperti halnya yang ada di gim 3D bisa dimainkan di dalam Tobaverse ini.

Tobaverse yang diluncurkan pada kegiatan Women 20 (W20) Summit, di Parapat, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara pada 19-21 Juli 2022 merupakan hasil kerja sama IA-ITB dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (PBODT). Ini juga dibuat dalam rangka percepatan pembangunan kawasan wisata Danau Toba.

Direktur Utama BPODT Jimmy Panjaitan, mengatakan hal tersebut merupakan langkah nyata. Dia mengaku senang bekerja sama dengan IA-ITB yang tidak hanya ahli informatika saja yang bekerja dalam kegiatan ini.

Namun, para desainer, arsitek, sipil, dan juga ahli geologi ikut gotong-royong dalam kegiatan tersebut.

IA-ITB melakukan inovasi dengan meluncurkan Tobaverse, yaitu suatu platform metaverse Danau Toba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News