Pesta Budaya Jadi Faktor Pendukung Menduniakan Pariwisata Danau Toba

Pesta Budaya Jadi Faktor Pendukung Menduniakan Pariwisata Danau Toba
Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea mengatakan pesta budaya yang dirangkai dengan sejumlah kegiatan budaya tradisional merupakan salah satu faktor penting mendukung kawasan Danau Toba jadi wisata dunia.

Di samping menjadi daya tarik melengkapi paket keindahan alam Danau Toba, sebagai andalan, pesta budaya yang mengedepankan kearifan lokal, sekaligus sebagai panggung melestarikan budaya.

Pariwisata, kata Sanggam Hutapea, bukan hanya sekadar menjual keindahan alam, tetapi butuh kreativitas dari orang-orang yang kreatif mengemas potensi-potensi yang ada menjadi daya tarik.

Oleh karena itu, Sanggam Hutapea menyarankan kepada seluruh bupati di kawaan Danau Toba untuk menggarap potensi potensi budaya guna dikemas sebagai event yang digelar rutin serta berkelanjutan.

“Kita harus belajar dari Bali, atraksi-atraksi budaya yang mereka jual mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan, bahkan event budaya yang menampilkan kearifan lokal bisa jadi event berskala internasional,” kata Sanggam Hutapea, Sabtu (16/4/2022).

Sanggam menyampaikan hal itu terkait adanya pelaksanaan pesta budaya penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar Narumonda yang digelar pada tanggal 16 hingga 19 April 2022 di Hutaginjang Desa Narumonda VI Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Untuk diketahui, pesta budaya penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar Narumonda itu akan menggelar berbagai kegiatan di antaranya tonggo bius, panakkok saring saring, margondang dan tortor, opera Batak, mangandung, margala, martada, martonun, kuliner, dan pameran.

Sanggam Hutapea pun mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan pesta budaya penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar Narumonda di Hutaginjang Desa Narumonda VI Kecamatan Siantar, Toba.

Sanggam Hutapea mengatakan pesta budaya merupakan salah satu faktor penting mendukung kawasan Danau Toba jadi wisata dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News