Donor Datang Tengah Malam pun Langsung Operasi

Donor Datang Tengah Malam pun Langsung Operasi
STANDBY - Tim dari RSUD dr Soetomo ketika sedang berdiskusi dengan dr Zhang Jian Jun (Wakil Direktur) yang duduk di depan komputer. Foto: Nany Wijaya/Jawa Pos.
Selain melihat proses transplantasi dengan donor hidup, tim RSUD dr Soetomo Surabaya mempelajari transplantasi dengan donor cadaver alias mayat. Sayang, datangnya donor jenazah tak bisa diprediksi. Meski pasien sudah dibedah, kepastian itu tetap belum ada. Inilah pengalaman kami menantikan donor tidak hidup itu.

Laporan NANY WIJAYA, Jawa Pos

SETELAH
melihat langsung bagaimana transplantasi dengan donor hidup dilakukan, kami menanti kesempatan mempelajari penggantian hati dengan donor cadaver. Kami memang sudah dijanjikan untuk ini. Tetapi, kapan? Untuk menanyakannya, kami juga tidak tega. Selain karena kami sudah mendapat banyak kesempatan melihat donor hidup, donor cadaver kan tidak bisa ditentukan.

Dengan donor hidup pun kami sebenarnya sudah mendapatkan banyak kasus. Yang pertama, kasus sirosis liver berat, yang membuat liver mengecil hingga tinggal 40 persen. Kasus berikutnya, sirosis yang tidak seberat yang pertama, tetapi disertai kanker. Ini mirip kasusnya Dahlan Iskan.

Selain melihat proses transplantasi dengan donor hidup, tim RSUD dr Soetomo Surabaya mempelajari transplantasi dengan donor cadaver alias mayat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News