Dipotong Pakai Cusa, Harus Rapi dan Tidak Berdarah

Dipotong Pakai Cusa, Harus Rapi dan Tidak Berdarah
OPERASI - Tim dokter RSUD dr Soetomo Surabaya di ruang operasi donor, memperhatikan cara pemotongan hingga pencucian liver dan penutupan perut pasien. Foto: Nany Wijaya/Jawa Pos.
Tepat sekali mantan CEO Jawa Pos yang kini menjadi Dirut PLN, Dahlan Iskan, menganjurkan tim liver transplant RSUD dr Soetomo Surabaya agar belajar ke OOTC, Tianjin, Tiongkok. Sebab, para ahli di center itu mengizinkan kami melihat dari dekat setiap tahap dalam transplantasi liver, baik pada donor maupun resipien (penerima)-nya.

Laporan NANY WIJAYA, Jawa Pos

TRANSPLANTASI
liver adalah pekerjaan yang rumit, detail, dan membutuhkan banyak ahli. Apalagi, yang diganti adalah organ sebesar dan sepenting liver. Pastilah ruang operasinya besar, peralatannya canggih, operasinya belasan jam dengan belasan ahli bedah dan anestesi.

Setidaknya, itulah yang ada di benak saya. Saya tidak tahu gambaran para dokter yang bersama saya, karena saya tidak bertanya.

Tepat sekali mantan CEO Jawa Pos yang kini menjadi Dirut PLN, Dahlan Iskan, menganjurkan tim liver transplant RSUD dr Soetomo Surabaya agar belajar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News