DOR...DORR...TNI AL Tangkap Kapal Buronan Interpol

DOR...DORR...TNI AL Tangkap Kapal Buronan Interpol
KAL Viper yang tergabung dalam Tim WFQR I Belawan, Jumat (22/4) berhasil menangkap kapal buronan Interpol, FV Hua Lie 8 di perairan Aceh Timur, NAD. FOTO: Dispen Koarmabar for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kapal Angkatan Laut (KAL) Viper yang tergabung dalam Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) I Belawan, Jumat (22/4) berhasil menangkap kapal FV Hua Lie 8 di perairan Aceh Timur, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

Kapal penangkap ikan berbendera Tiongkok itu ternyata telah lama menjadi buronan Interpol dan terakhir kali beraksi di wilayah perairan ZEE Argentina. Upaya penangkapan ini juga merupakan realisasi dari bentuk kerja sama antar negara dalam rangka memberantas praktek-praktek illegal fishing.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Letkol Laut (KH) Ariris Miftachurrahman, proses penangkapan kapal FV Hua Lie 8 juga melibatkan Pesawat Udara (Pesud) Casa U-618 yang langsung digerakkan dari pangkalannya di Tanjungpinang.

Kapal ikan asing itu berhasil ditangkap oleh KAL Viper tepat pukul 14.53 WIB di posisi 05 28 03 U-098 32 05 T.

Komandan KAL Viper Kapten Laut (P) Yan Ahmadi Sembiring, mengatakan kapal ikan asing dengan panjang 65.02 M dan berat 1.275 GT tersebut berhasil ditangkap setelah melalui proses pengejaran dan pemeriksaan hingga pemberian tembakan peringatan.  

Menurut Yan, seluruh anak buah kapal (ABK) segera dipindahkan ke KAL Viper kecuali nakhoda dan juru mesin kapal. “Selanjutnya untuk pemeriksaan lanjutan, kapal FV Hua Li 8 segera digiring menuju Pangkalan TNI Angkatan Laut I Belawan dengan menempuh jarak lebih kurang 115 Nm,” katanya.(fri/jpnn)


JAKARTA – Kapal Angkatan Laut (KAL) Viper yang tergabung dalam Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) I Belawan, Jumat (22/4) berhasil menangkap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News