Dorong Akselerasi Transformasi UMKM, Jamkrindo Lakukan Kolaborasi

Dorong Akselerasi Transformasi UMKM, Jamkrindo Lakukan Kolaborasi
PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) terlibat dalam program-program strategis pemerintah untuk UMKM. Foto dok Jamkrindo

jpnn.com, SURAKARTA - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) terlibat dalam program-program strategis pemerintah untuk UMKM, seperti program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program-program dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM.

Sekretaris Perusahaan Jamkrindo Aribowo mengungkapkan sebagai perusahaan penjamin terdepan, Jamkrindo berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM kepada lembaga keuangan.

Wujud komitmen tersebut dibuktikan dengan beragam layanan penjaminan yang mempermudah UMKM memperoleh akses pembiayaan kepada lembaga keuangan serta melakukan kegiatan pendampingan untuk UMKM agar UMKM lebih berdaya saing.

“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional, dalam melakukan inisiatif pengembangan UMKM, Jamkrindo senantiasa melakukan kolaborasi Pentahelix agar daya ungkit yang dihasilkan untuk perekonomian nasional lebih optimal,” ujar Aribowo.

Dari sisi penjaminan, berbagai strategi telah dipersiapkan antara lain melakukan pengembangan sistem penjaminan, optimalisasi SDM di seluruh unit kerja perusahaan, hingga peningkatan layanan perusahaan serta penguatan kolaborasi dengan mitra penyalur KUR.

Sampai dengan semester I 2023, Jamkrindo telah membukukan volume penjaminan sebesar Rp 176,94 triliun dengan jumlah terjamin sebanyak 5.22 juta UMKM.

Adapun dari volume tersebut, penjaminan KUR berkontribusi sebesar Rp 54,03 triliun dengan jumlah UMKM terjamin 1.05 juta UMKM.

“Dengan adanya jaminan kredit dari Jamkrindo, maka UMKM yang feasible namun belum bankable dapat mengakses pembiayaan yang dibutuhkan. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan aksesibilitas finansial UMKM dan inklusi keuangan,” terangnya.

Jamkrindo senantiasa melakukan kolaborasi Pentahelix agar daya ungkit yang dihasilkan untuk perekonomian nasional lebih optimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News