JPNN.com

Dorong Desa Wisata Binaan Pertamina Dijadikan Percontohan

Senin, 31 Desember 2018 – 18:48 WIB Dorong Desa Wisata Binaan Pertamina Dijadikan Percontohan - JPNN.com

jpnn.com, PADALARANG - Kabupaten Bandung Barat memiliki destinasi wisata menarik di Kampung Sodong, Desa Kertajaya, Padalarang. Namanya Desa Wisata Kertajaya Creative Destination (DKCD).

Destinasi wisata kekinian itu sudah mulai beroperasi sejak 30 September 2018. Yang istimewa, desa wisata binaan Pertamina Berdikari itu mengedepankan konsep ramah lingkungan.

Pembinaan DKCD berada di bawah naungan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III Bandung yang baru-baru ini menyabet penghargaan Proper kategori emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Proper merupakan program yang dikembangkan Kementerian LHK untuk menilai kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan.

Menurut aktivis lingkungan Berry Nahdian Furqon, DKCD layak menjadi percontohan karena mengintegrasikan pariwisata dengan konsep ramah lingkungan. “Pemerintah juga dapat menjadikan DKCD sebagai percontohan bagi desa-desa lain," kata Berry Nahdian di Jakarta, Senin (31/12).

Mantan direktur eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Indonesia itu menambahkan, DKCD layak jadi percontohan karena memiliki manfaat ekonomi dan lingkungan. Dari sisi ekonomi, konsep desa wisata tentu akan mendatangkan turis domestik ataupun mancanegara.

Sedangkan untuk konsep lingkungannya akan membuat kelestarian desa terjaga. Salah satu contohnya adalah penggunaan wind turbine atau kincir angin untuk penyediaan energi listrik.

Selain itu, DKCD juga mengurangi penggunaan plastik dan bahan berbahaya lainnya. Bahkan, DKCD juga menerapkan program daur ulang sampah.

"Daur ulang sampah ini sangat bagus  bagi lingkungan. Dan ini mencegah adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan, Inilah manfaat wisata terpadu antara ekonomi dengan aktivitas yang ramah lingkungan," tuturnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...