Dorong Kada Berprestasi Naik ke Jenjang Lebih Tinggi

Dorong Kada Berprestasi Naik ke Jenjang Lebih Tinggi
Walikota Surabaya Tri Rismaharini (kanan) saat menghadiri upacara HUT Pemadam Kebakaran di Simpang Lima, Semarang, Selasa (1/3). Foto: Soetomo Samsu/JPNN

jpnn.com - SEMARANG-   Mendagri Tjahjo Kumolo meyakini, dari sekitar 543 gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia, banyak di antaranya berprestasi. Bagi yang berprestasi ini, Tjahjo mendorong agar mereka naik ke jenjang yang lebih tinggi.

Seorang bupati/walikota, bisa maju mencalonkan diri sebagai gubernur. Sedang seorang gubernur di daerah, bisa maju sebagai calon gubernur DKI.

Terlebih, lanjut Tajhjo, aturan pilkada memungkinkan seorang kepala daerah maju lagi sebagai calon di daerah lain. Menurutnya, justru lebih baik seorang bupati/walikota punya keinginan memimpin daerah pada level yang lebih tinggi.

"Kan banyak bupati dan wali kota yang punya inovasi. Jangan hanya puas jadi wali kota. Pak Jokowi dulu orang tidak mengira, masa sih seorang Wali Kota Solo bisa maju di DKI. Toh ternyata bisa,” ujar Tjahjo usai menjadi inspektur Upacara Peringatan HUT ke-97 Pemadam Kebakaran di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jateng, Selasa (1/3).

Tjahjo menyebut, sejumlah kepala daerah saat ini cukup berprestasi dan layak naik ke jenjang yang lebih tinggi. Antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dan juga Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Bagaimana jika Ganjar maju di pilgub DKI? Apakah mendukung? Tjahjo enggan menjawab.

“Tanya saja langsung ke beliau. Ya siapa yang berprestasi, silahkan berkarier di pusat," jawab mantan Sekjen DPP PDIP itu.

Hanya saja, Tjahjo menyarankan agar seorang bupati/walikota yang ingin maju di pilkada yang levelnya lebih atas, mampu mengukur diri dari segi elektabilitasnya. (sam/jpnn)

SEMARANG-   Mendagri Tjahjo Kumolo meyakini, dari sekitar 543 gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia, banyak di antaranya berprestasi. Bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News