Dorong KSPN Danau Toba, Kemenhub Luncurkan Bus Air KMP Jurung-Jurung

Dorong KSPN Danau Toba, Kemenhub Luncurkan Bus Air KMP Jurung-Jurung
Kawasan Danau Toba. Foto: Istimewa

jpnn.com, TOBA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendukung konektivitas transportasi di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumut, melakukan peluncuran bus air KMP Jurung-Jurung 70 GT, Selasa, (22/12). 

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Cucu Mulyana mengatakan dibangunnya bus air ini sangat diperlukan untuk memberikan kemudahan konektivitas, dan kenyamanan bagi masyarakat.

"Di samping itu, penyediaan sarana angkutan bus air ini adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan aksesibilitas bagi wisatawan khususnya di wilayah KSPN Danau Toba,” kata Cucu.

Ia menjelaskan bahwa bus air KMP Jurung-Jurung berukuran 70 GT, panjang kapal 17,7 meter, lebar 8 meter, berbahan dasar aluminium, merupakan kapal jenis katamaran pertama yang ada di Danau Toba.

Katamaran merupakan kapal yang memiliki dua lambung, dengan keunggulan yaitu stabilitas kapalnya yang lebih baik dengan kapasitas penumpang 150 orang. 

Selain itu, desain body bus air KMP Jurung-Jurung mengakomodasi budaya lokal dengan menambahkan aksen motif khas Batak yaitu kain ulos.

Ditambah lagi, desain interior dibuat seperti kapal wisata.

Kemenhub pada 2020 telah membangun tiga unit kapal yaitu KMP Kaldera Toba, bus air KMP Asa-Asa, dan bus air KMP Jurung-Jurung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News