Dosen dan Mahasiswa Untag Surabaya Terus Mengembangkan Mobil Listrik Sancaka

Dosen dan Mahasiswa Untag Surabaya Terus Mengembangkan Mobil Listrik Sancaka
Mahasiswa Program Studi D3 Teknologi Manufaktur Fakultas Vokasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya saat menguji coba mobil listrik Sancaka. ANTARA/HO-Humas Untag Surabaya

jpnn.com - SURABAYA - Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Diploma Tiga (D3) Teknologi Manufaktur Fakultas Vokasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, tengah mengembangkan mobil listrik Sancaka. Pengembangan mobil listrik Sancaka itu sebagai upaya menjaga lingkungan dan meminimalisasi jejak karbon.

Ketua Prodi Teknologi Manufaktur Untag Surabaya Yusuf Eko Nurcahyo menyampaikan bahwa mobil ini merupakan generasi kedua dari mobil listrik Aurora yang dibuat pada 2017 dengan dosen yang bersinergi dengan mahasiswa Prodi Teknik Elektro, Teknologi Listrik, dan Teknologi Manufaktur.

"Mobil listrik Sancaka generasi kedua ini memberikan inovasi dan pengembangan dalam konsep rancangan mobil listrik," katanya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1).

Selain itu, penyempurnaan spesifikasi juga dilakukan mulai dari perancangan sistem kemudi yang menggunakan steering gear rack. 

Kemudian, perancangan sistem pengereman menggunakan empat piston pada keempat roda sehingga gaya pengereman (deselerasi) lebih besar.

Lalu, menggunakan baterai LiFeP04 sehingga meminimalkan berat mobil listrik, hingga ruang pengemudi yang menyesuaikan dengan kenyamanan.

Perancangan safety juga dilakukan agar memenuhi keamanan kendaraan, seperti memakai emergency switch, APAR, dan pemakaian kabel yang sesuai.

"Secara umum, pengembangan mobil listrik Sancaka ini meliputi berat mobil 180 kilogram dari berat awal 225 kilogram, mengganti teknologi baterai dari Lithium Ion menjadi baterai LiFeP04, meningkatkan piston cakram pada sistem pengereman, membuat bodi mobil menjadi aerodinamis menggunakan fiber karbon, sistem pengereman menggunakan gear rack untuk meringankan putaran setir, sistem kontrol dan rangka mobil," paparnya.

Dosen dan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya mengembangkan mobil listrik Sancaka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News