Dosen UEU Bina Pelaku UMKM Agar Mampu Tingkatkan Produksi dan Pendapatan

Dosen UEU Bina Pelaku UMKM Agar Mampu Tingkatkan Produksi dan Pendapatan
Para dosen dan mahasiswa Universitas Esa Unggul (UEU) menggelar program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan di Hotel Grand Tjokro, Jakarta Barat, untuk meningkatkan produksi dan pendapatan para pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kamis (16/11/2023) sampai Minggu (19/11/2023). Foto: Dok UEU

jpnn.com, JAKARTA - Para dosen dan mahasiswa Universitas Esa Unggul (UEU) menggelar program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan di Hotel Grand Tjokro, Jakarta Barat untuk meningkatkan produksi dan pendapatan para pengusaha UMKM.

Kegiatan yang mengundang beberapa instruktur dari Badan POM dan pendamping UMKM sebagai pemateri ini dilaksanakan selama empat hari sejak Kamis (16/11/2023) sampai Minggu (19/11/2023).

Saat membuka acara bertajuk Kemitraan Pendidikan dan Pengembangan Produksi Rendang Meningkatkan Ekspor Melalui Manajemen Produksi Berkulitas ini, Wakil Rektor II UEU, Rian Adi Pamugkas, mengungkapkan, acara pembinaan ini diharapkan dapat memberikan penguatan pengetahuan dan keahlian bagi UMKM untuk berkembang lebih baik.

“Dalam program pembinaan ini tim dosen UEU membantu memberikan pendampingan agar pengusaha UMKM dapat mengemas produknya lebih baik, kualitas produknya memenuhi syarat BPOM dan HALAL, sehingga diharapkan setelah mengikuti program pembinaan ini produk mereka dapat dijual dengan harga yang lebih baik dari sebelumnya,” ungkapnya.

Rian menjelaskan, program pembinaan ini diberikan kepada para pengusaha UMKM khususnya yang bergerak dalam produksi rendang. Industri makanan tradisional asal Sumatera Barat ini memiliki pangsa pasar yang luas, bahkan memiliki pangsa besar untuk diekspor ke mancanegara.

“Beberapa waktu lalu saat saya ke Amerika, saya menemukan makanan rendang dijual di sana. Artinya produk rendang ini punya kesempatan besar sebagai produk ekspor, dan memiliki pangsa pasar besar di luar negeri,” ujarnya.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UEU, Laras Sitoayu, menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen dan mahasiswa UEU. Kegiatan ini dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

“Kegiatan ini merupakan upaya UEU dalam mentransfer iptek dari perguruan tinggi ke masyarakat,” imbuhnya.

Para dosen dan mahasiswa Universitas Esa Unggul (UEU) terus berupaya meningkatkan produksi dan pendapatan para pengusaha UMKM dengan menggelar pembinaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News