Dosen UI: Aspirasi Publik Ingin Jaksa Agung Diganti

Dosen UI: Aspirasi Publik Ingin Jaksa Agung Diganti
Jaksa Agung, M Prasetyo. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Dosen Hukum Pidana Universitas Indonesia (UI), Akhiar Salmi mengingatkan Presiden Joko Widodo agar memperhatikan aspirasi masyarakat yang menghendaki agar Jaksa Agung HM Prasetyo diganti. Publik menyampaikan aspirasi tersebut, menurut Akhiar, tidak salah sebab kewenangan reshuffle hak prerogatif presiden.

“Aspirasi masyarakat itu bisa jadi alat ukur, selain penilaian yang dilakukan oleh tim presiden terhadap seluruh kinerja menteri. Jadi, meski subjektif, namun jika mayoritas masyarakat berpendapat perlunya Jaksa Agung diganti, itu mencerminkan pandangan umum,” kata Akhiar Salmi, saat dimintai tanggapannya  di Jakarta, Jumat (8/1).

Secara pribadi, Akhiar juga menginginkan agar Jaksa Agung dan Menkumham diisi oleh kalangan profesional yang bebas dari kepentingan politik partai politik. "Jadi figur yang rekam jejaknya sudah menunjukkan kepemimpinannya hanya untuk kepentingan bangsa," ujarnya.

Diakui Akhiar, posisi Jaksa Agung Prasetyo yang berasal dari Partai NasDem selalu dikaitkan dengan pandangan publik bahwa yang bersangkutan tidak bebas dari kepentingan politik dan akan memengaruhi tindakan dan keputusannya.

“Kalau presiden mau, masih banyak di antara warga negara ini yang lebih punya kompotensi dan dedikasi untuk menegakkan hukum dan lepas dari urusan politik praktis,” ujar Akhiar Salmi.(fas/jpnn)


JAKARTA – Dosen Hukum Pidana Universitas Indonesia (UI), Akhiar Salmi mengingatkan Presiden Joko Widodo agar memperhatikan aspirasi masyarakat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News