JPNN.com

DPD Akan Berjuang Keras Demi Pembentukan Kabupaten Lembak

Rabu, 26 Februari 2020 – 23:30 WIB DPD Akan Berjuang Keras Demi Pembentukan Kabupaten Lembak - JPNN.com
Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin. Foto: Dok. Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Sultan B Najamuddin siap membantu perjuangan masyarakat Lembak dalam membentuk Kabupaten Lembak, Provinsi Bengkulu. Sultan menjelaskan sesuai amanat konstitusi, DPD siap membantu memperjuangkan aspirasi daerah termasuk pemekaran wilayah kabupaten, kota ataupun provinsi.

“Hari ini, kami pimpinan DPD RI beserta pimpinan Komite I DPD RI menerima kunjungan dari Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu terkait isu pemekaran wilayah, pembentukan daerah otonomi baru (DOB). Tentu karena representasi formal daerah di pusat adalah DPD RI, ini menjadi tugas dan tanggung jawab DPD RI untuk memperjuangkannya,” kata Sultan usai menerima kunjungan Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu di ruang pimpinan DPD, Rabu (26/2).

Menurut Sultan, sampai saat ini DPD melalui Komite I telah banyak menerima utusan perwakilan dari daerah yang ingin memekarkan diri. Dia berharap pemekaran daerah baru dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah. Khususnya di daerah hasil pemekaran. Dengan demikian, dampak positif tersebut dapat dinikmati oleh warga masyarakat.

“Komite I hampir setiap hari menerima presidium, menerima perwakilan daerah yang dahulu hampir jadi, tetapi berhenti karena terkendala moratorium. Kami berharap dan yakin, di periode DPD 2019 – 2004 sekarang ini, insyaallah ini akan menjadi legislasi menjadi suatu produk dan prestasi lembaga. Harapannya jika DOB ini dibuka, daerah dapat berkembang, masyarakat dapat meningkat kesejahteraannya,” ungkap Sultan.

Wakil Ketua Komite I DPD Fachrul Razi mengungkapkan pihaknya memberikan dukungan dan rekomendasi kepada calon daerah otonomi baru Kabupaten Lembak. Dia berharap pemekaran sebagaimana yang diinginkan masyarakat Lembak dapat segera terwujud.

“Sebagai pimpinan Komite I saya memberikan dukungan dan rekomendasi kepada calon DOB Kabupaten Lembak di Provinsi Bengkulu. Insyaallah akan segera terwujud dan mekar. Aamiin, “ ungkapnya kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Sumardi mengungkapkan bahwa kunjungannya ke pimpinan DPD RI kali ini adalah dalam rangka menyegarkan ingatan masyarakat akan perjuangan masyarakat Lembak Provinsi Bengkulu untuk membentuk kabupaten baru. Pihaknya berharap agar DPD dengan kewenangan yang ada ikut membantu memperjuangkan pembentukan daerah otonom baru Kabupaten Lembak.

“Kami dari dari DPRD Provinsi Bengkulu mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua DPD RI Bapak Sultan dan Komite satu DPD RI yang telah menerima kami. Khusus hari ini untuk menyegarkan lagi ingatan salah satu daerah baru yaitu Lembak. Terlebih lagi hal ini juga menjadi pembahasan di DPD RI," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...