DPD Bakal Panggil Gubernur se-Kalimantan

Bicarakan Rencana Pemblokiran Pasokan Batubara

DPD Bakal Panggil Gubernur se-Kalimantan
DPD Bakal Panggil Gubernur se-Kalimantan
JAKARTA - Ancaman dari empat gubernur di Pulau Kalimantan untuk memblokir pasokan batubara agar tidak keluar dari pulau yang kaya sumberdaya alam itu ditanggapi serius pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Rencananya, pimpinan DPD akan mengundang empat gubernur se-Kalimantan.

"Kita pertimbangkan untuk mengundang empat gubernur. Kita coba cari jalan keluarnya," kata Wakil Ketua DPD, La Ode Ida dalam diskusi tentang grand design pertambangan dan energi di gedung DPD RI, Senin (14/5).

Menurut La Ode, pihaknya akan mencoba memediasi tuntutan para gubernur untuk mendapatkan tambahan kuota BBM agar Pulau Kalimantan tidak mengalami krisis energi. Senator asal Sulawesi Tenggara itu khawatir jika Pemda di Kalimantan benar-benar merealisasikan ancamannya, bukan tidak mungkin Pulau Jawa akan mengalami krisis listrik.

Pada kesempatan sama Ketua Komite II DPD, Bambang Susilo mengatakan, bukan persoalan sulit bagi Pemda di Kalimantan untuk menyetop pasokan batubara ke Pula Jawa. "Misalnya di Kalimantan Timur, lalu-lintas batubara diangkut lewat Sungai Mahakam. Kantor Pemprov Kaltim itu di tepi Mahakam, jadi gampang saja untuk memblokirnya," kata Bambang.

JAKARTA - Ancaman dari empat gubernur di Pulau Kalimantan untuk memblokir pasokan batubara agar tidak keluar dari pulau yang kaya sumberdaya alam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News