DPD Ikut Usul Dana Desa Rp1 Miliar

DPD Ikut Usul Dana Desa Rp1 Miliar
DPD Ikut Usul Dana Desa Rp1 Miliar
JAKARTA – Sikap Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sejalan dengan usulan Fraksi Partai Golkar DPR menyangkut perlunya ada dana aspirasi Rp1 miliar per desa. Hanya saja, DPD mengajukan dana Rp1 miliar per desa itu lewat program percepatan dan pemerataan pembangunan daerah (P4D).  Usulan DPD ini akan diupayakan masuk alokasi APBN 2011.

Disebutkan La Ode, saat ini jumlah masyarakat miskin cukup besar dan terbelakang di 70 ribu desa di seluruh Indonesia. "Akibat kemiskinan dan keterbelakangan inilah, baik DPR maupun DPD, mengusulkan gagasan dana aspirasi Rp1 miliar per desa,” ujar Wakil Ketua DPD RI La Ode Ida, kepada pers, di gedung DPD RI Jakarta, Selasa (29/6).

Namun diakui, perlu dihitung ulang secara tepat penentuan alokasi anggaran sebesar Rp1 miliar setiap desa untuk 70 ribu desa itu. Jika asumsinya per desa mendapat alokasi anggaran Rp1 miliar maka APBN akan terbebani anggaran sebesar Rp 70 triliun. “

Di samping itu, satu desa dengan desa lainnya berbeda baik dari jumlah penduduk maupun rentang kendali kompleksitas yang dihadapi. Tetapi tetap akan kita usulkan dan mudahan-mudahan berhasil," katanya.

JAKARTA – Sikap Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sejalan dengan usulan Fraksi Partai Golkar DPR menyangkut perlunya ada dana aspirasi Rp1 miliar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News