DPD Usulkan Penambahan Rute Penerbangan Baru

DPD Usulkan Penambahan Rute Penerbangan Baru
Wakil Ketua Komite II DPDRI I Kadek Arimbawa saat kunjungan lapangan Komite II DPD RI dalam rangka pengawasan pelaksanaan UU No. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan di Bandara Sam Ratulangie, Manado, Senin (27/11). Foto: DPD RI

jpnn.com, MANADO - Untuk menambah wisatawan domestik dan khususnya wisatawan internasional, maka Manado harus miliki rute penerbangan baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komite II DPDRI I Kadek Arimbawa saat melakukan kunjungan lapangan Komite II DPD RI dalam rangka pengawasan pelaksanaan UU Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan di Bandara Sam Ratulangie, Manado, Senin (27/11/2017).

Kadek berharap agar rute destinasi penerbangan dari Manado bisa ditambah. “Hari ini (kemarin, red) kami mendapatkan informasi dari pihak Angkasa Pura Manado bahwa rute destinasi dari Manado ke Singapura dan arah sebaliknya ini sudah ada. Saya harap untuk destinasi bisa ditambah agar mempermudah masyarakat di sini,” terangnya.

Kadek Arimbawa juga menyoroti soal aspek keselamatan, keamanan, dan kualitas penerbangan. Menurut Kadek, pihak Angkasa Pura sudah berupaya baik untuk meningkatkan kualitas penerbangan di Manado.

“Saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pihak angkasa pura di manado, karena sudah melakukan sejumlah perbaikan dan pengecekan yang membuat penumpang nyaman seperti perbaikan lantai, menjamin kualitas wifi di bandara, rutin melakukan tes kelaiakn pesawat, dan tetap mengutamakan tingkat keamanan dengan scan x-ray berlapis,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, General Manager Bandara Sam Ratulungi, Minggus Gandeguai
Bandara akan diperluas ruang fasilitasnya untuk kebutuhan penerbangan

"Saat ini luas bangunan bandara sekitar 26.000 meter persegi, ke depan kami akan melakukan perbaikan infrastruktur d bandara dengan mengolah lahan sekitar 4.000 meter persegi lagi jadi jika sudah selesai maka luasan bandara yang bisa dinikmati adalah 30.000 m2 termasuk pemisahan penerbangan domestik dan internasional," jelasnya.

Sementara itu, Senator DPDRI Marhany Pua mengatakan bahwa masalah penerbangan di daerah menjadi contoh kasus bagi penerbangan nasional untuk merumuskan solusi dalam masalah penerbangan.

Kadek berharap agar rute destinasi penerbangan dari Manado bisa ditambah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News