DPR akan Tunjukkan Komitmen RI Kurangi Emisi Lewat Konsep Go Green di Forum Dunia

DPR akan Tunjukkan Komitmen RI Kurangi Emisi Lewat Konsep Go Green di Forum Dunia
Wakil Ketua BKSAP DPR Gilang Dhielafararez menyampaikan kesiapan DPR menyelenggarakan forum dunia bertajuk The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20). Foto: Dokumentasi Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKASP) DPR Gilang Dhielafararez menyampaikan kesiapan lembaganya menjadi tuan rumah forum The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20).

Melalui forum dunia yang akan diselenggarakan pekan depan dan dihadiri negara-negara G20 tersebut, DPR akan menunjukkan komitmen nyata Indonesia untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDG’s) yang menjadi agenda dunia.

“Salah satunya adalah strategi pembangunan ekonomi hijau dan rendah karbon untuk mengurangi emisi,” kata Gilang Dhielafararez melalui keterangan yag diterima, Jumat (30/9).

Gilang mengatakan DPR siap menunjukkan telah memulai menerapkan kebijakan-kebijakan yang ramah lingkungan atau go green, salah satunya dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Gedung DPR.

“Panel surya yang dibangun di Taman Energi DPR dipakai untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik di lingkungan parlemen,” terangnya.

Tak hanya itu, kata Gilang, Ketua DPR Puan Maharani juga telah memerintahkan jajarannya untuk menerapkan praktik-praktik kehidupan go green untuk menunjang pembangunan hijau.

Contohnya seperti mengurangi penggunaan botol plastik, meminimalis pemakaian kertas, pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, dan lain-lain.

Anggota Komisi III DPR ini menambahkan, Puan juga terus mengkampanyekan agar parlemen mengurangi jejak karbon dimulai dari lingkungan dewan sendiri.

Gilang mengatakan, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu juga memberikan sejumlah masukan teknis agar perhelatan P20 nanti menyiratkan komitmen Indonesia terhadap pengurangan emisi.

Wakil Ketua BKSAP DPR Gilang Dhielafararez menyampaikan kesiapan DPR menyelenggarakan forum dunia bertajuk The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News