DPR Desak Aparat Papua Tuntaskan Penembakan Freeport

DPR Desak Aparat Papua Tuntaskan Penembakan Freeport
DPR Desak Aparat Papua Tuntaskan Penembakan Freeport
JAYAPURA- Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman mendesak Kepolisian Daerah (Polda) Papua untuk segera mengungkap kasus penembakan yang terjadi di PT Freeport Indonesia beberapa waktu yang lalu. "Kami meminta kepada aparat Kepolisian di sini, untuk segera mengungkap kasus-kasus krusial menyangkut keamanan di Papua," kata Benny dihadapan KApolda Papua Bekto Suprapto di Jayapura, Selasa (8/12) kemarin.

Barlarut-larutnya masalah  keamanan di Papua, kata Benny, justru akan mempersulit aparat. Salah satunya, adalah tuntutan masyarakat setempat untuk memisahkan diri dari NKRI. " Sejauh ini, tuntutan itu kan masih merupakan akibat injustice feeling di kalangan masyarakat. Hal itu bisa terjadi akibat ketidak puasan kebijakan pemerintahan baik lokal maupun dari pusat," Benny menambahakan.Karena itu, Benny meminta kepada Kapolda untuk menelisik sebab musabab teuntutan rakyat itu.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Kapolda Papua untuk menangani masalah-masalah tersebut secara bijak, dengan menelisik masalah pokok yang ditimbulkan dari adanya injustice feeling itu. Tentang pertemuan dengan Kapolda Papua, Ketua Komisi III DPR-RI ini menjelaskan, pertemuan itu membahas masalah yang berkaitan dengan pengamanan, penegakan hukum, korupsi dan masalah HAM di wilayah hukum Polda Papua.

 

Menanggapi desakan DPR, Polda Papua berjanji akan  mengusut tuntas kasus serangkaian PT Freeport Indonesia tersebut. Kapolda Papua Bekto menegaskan tanpa diminta, pihaknya akan berupaya mengusut tuntas kasus tersebut. "Tanpa diminta itu, sudah tugas kami. Lebih bagus kami kerja diam-diam saja, tapi kami akan mengusut tuntas," ujarnya.

 

JAYAPURA- Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman mendesak Kepolisian Daerah (Polda) Papua untuk segera mengungkap kasus penembakan yang terjadi di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News