DPR Desak Mendag dan Mentan Kontrol Harga Komoditas

DPR Desak Mendag dan Mentan Kontrol Harga Komoditas
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menyoroti lonjakan harga berbagai komoditas pangan di pasar, salah satunya cabai.

Azis mendesak Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan) segera melakukan operasi pasar dalam mengontrol harga komoditas.

“Harga yang tinggi membuat banyak masyarakat mengalami kesulitan dalam membeli cabai yang menjadi kebutuhan sehari-hari," katanya, Kamis (7/1).

Seperti diketahui, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) per 5 Januari 2021 menyatakan rata-rata harga cabai rawit di Jakarta sebesar Rp 94.150 per kilogram.

Menurut Azis lagi, tidak hanya harga cabai saja yang mengalami lonjakan, tetapi beberapa kebutuhan pokok lain seperti daging ayam kampung, bawang merah, minyak goreng, beras hingga tempe dan tahu juga naik.

Karena itu, ia mendorong Kemendag dan Kementan duduk bersama segera mencari solusi dan berkoordinasi agar kebutuhan pokok masyarakat dapat terjangkau dengan harga yang wajar.

"Tata niaga perlu dibenahi agar produksi dan distribusi dapat terpetakan dengan tepat," katanya.

Azis mendesak Kemendag untuk selalu mengantisipasi persoalan harga diawal tahun ini.

Menurut Azis, tidak hanya harga cabai saja yang mengalami lonjakan, beberapa kebutuhan pokok lain seperti minyak goreng, beras hingga tempe dan tahu juga naik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News