DPR Dorong Pemerintah Segera Merampungkan Kalender Islam

DPR Dorong Pemerintah Segera Merampungkan Kalender Islam
Ali Taher Parasong. Foto; DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher menyambut baik langkah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang mampu memimpin sidang isbat dengan baik, sehingga seluruh ormas Islam sepakat Idulfitri 1439 H jatuh pada Jumat (15/6).

"Bagi DPR, kemampuan penyatuan ini merupakan luar biasa,” ujar Ali saat mendampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan keterangan pers, usai memimpin Sidang Isbat di Gedung Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (14/6) malam.

Ali berharap penyatuan perayaan Idulfitri kali ini merupakan momentum untuk membangun kebersamaan dan persatuan bangsa.

Ali secara khusus juga menyatakan DPR mendorong adanya kalender Islam secara global. Dengan demikian, tak ada lagi perbedaan pandangan dalam penetapan perayaan keagamaan, seperti awal ibadah puasa dan Idulfitri.

“Kami mendorong untuk mengkaji apakah untuk membuat kalender bersama, supaya ke depan ada persamaan, tak ada perbedaan," ucapnya.

Ali menilai, dengan adanya kalender Islam secara global, maka umat dapat menjalankan ibadah secara khusyuk, tanpa khawatir adanya perbedaan.(gir/jpnn)


DPR mendorong adanya kalender Islam secara global. Dengan begitu, tak ada lagi perbedaan pandangan dalam penetapan perayaan keagamaan seperti awal ibadah puasa.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News