DPR Dorong Produk UMKM Bisa Berlabel SNI

DPR Dorong Produk UMKM Bisa Berlabel SNI
DPR Dorong Produk UMKM Bisa Berlabel SNI

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijana mengapresiasi langkah pemerintah menggenjot penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebab, label SNI akan meningkatkan nilai jual suatu produk karena mutu dan keamanannya terjamin.

Azam sebagai pimpinan komisi yang membidangi industri itu mengatakan, label SNI bukan hanya untuk buatan pabrik tapi juga pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dia pun berharap UMKM tak menganggap pengurusan SNI sebagai hal memberatkan.

“Ini bukan menyulitkan pengusaha UMKM, tapi justru membantu UMKM untuk menjual produknya karena orang pasti akan mencari produk yang dijamin standar mutunya," katanya dalam talkshow di pameran Indonesia Quality Expo, Rabu (9/11).

‎Menurut Azam, konsumen sekarang makin cerdas dalam memilih produk yang akan dibeli. Ketika melihat produk terutama pangan tidak ada berlabel SNI, pasti akan timbul bertanya-tanya soal mutu dan jaminan keamanannya.

Meski begitu Azam mewanti-wanti lembaga yang menerbitkan sertifikat SNI harus kredibel. Jangan sampai produk yang tidak layak justru diberi label SNI.

"Harus ada pakem aturan yang jelas untuk penerbitan SNI.‎ Jangan sampai label SNI bisa diperoleh tanpa melalui proses pengujian," tegasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijana mengapresiasi langkah pemerintah menggenjot penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News