DPR Dorong Seluruh Elemen Bangsa Bersinergi Mengentaskan Kemiskinan

DPR Dorong Seluruh Elemen Bangsa Bersinergi Mengentaskan Kemiskinan
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti menghadiri Webinar Nasional Persatuan Alumni (PA) GMNI bertema Kemiskinan Ekstrem di Indonesia: Menelaah Model, Strategi, dan Solusinya. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti membuka kegiatan Webinar Nasional Persatuan Alumni (PA) GMNI dengan tema Kemiskinan Ekstrem di Indonesia: Menelaah Model, Strategi, dan Solusinya. 

Novita menyampaikan perlu adanya sinergitas dari elemen terkait dan seluruh masyarakat Indonesia dalam penyelesaian kemiskinan.

“Pemerintah sudah memberikan anggaran stimulan, anggaran program, serta infrastruktur. Namun, perlu adanya sinergi dan dukungan seluruh elemen sehingga permasalahan ini terentaskan dan memperoleh target yang maksimal,” ujar Politisi Fraksi Partai Gerindra ini. 

Hal ini dikatakannya saat di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7). 

Anggota Komisi V DPR RI ini juga menyampaikan mayoritas masyarakat miskin terdapat di pedesaan dengan persentase 70 persen penduduk Indonesia. 

Terlebih, dengan adanya pandemi Covid-19, masyarakat miskin menjadi miskin ekstrem. Perlu diketahui, jelasnya, kategori miskin ekstrem adalah bagi masyarakat yang penghasilannya tidak lebih dari USD 1,9 per hari. 

“Kami juga mengundang narasumber dari Kementerian Desa, Bappenas, akademisi, dan masukan langsung dari masyarakat melalui virtual meeting. Hal ini penting untuk dilaksanakan karena kemiskinan menjadi permasalahan bangsa,” kata Ketua Bidang Maritim dan Pedesaan PA GMNI itu.

Hadir secara fisik dan virtual Sekjen PA GMNI Dr. Abdy Yuhana, Direktur Pembangunan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDTT Teguh Hadi Sulistiono, serta Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Bappenas Maliki. (mrk/jpnn)

DPR mendorong seluruh elemen bangsa untuk bersinergi bersama mengentaskan kemiskinan


Redaktur & Reporter : Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News