DPR Dukung Langkah Kapolri untuk Tindak Pelaku Pungli Terhadap UMKM

DPR Dukung Langkah Kapolri untuk Tindak Pelaku Pungli Terhadap UMKM
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NM Dipo Nusantara Pua Upa. Foto: Dok. FPKB DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR NM Dipo Nusantara Pua Upa mendukung langkah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait pemberantasan pungli yang mengganggu aktivitas pelabuhan.

Menurut Dipo, masyarakat juga mendesak agar pemberantasan pungli jangan hanya di sekitar pelabuhan saja, namun juga menyasar pada sentra-sentra ekonomi lainnya.

“Tak terkecuali, pasar tradisional, terminal bus, stasiun kereta api, bandara dan lain-lainnya. Karena sektor UMKM sangat terganggu dengan pungli tersebut,” kata Dipo usai rapat kerja dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Oleh karena itu, politikus PKB ini mendesak agar para Kapolda di daerah segera menindaklanjuti perintah Kapolri tersebut sehingga pemberantasan pungli dan aksi premanisme bisa dirasakan efek kejutnya oleh rakyat.

“Kegiatan-kegiatan ekonomi dan pelayanan publik itu sangat rawan dari aksi pungli. Jadi, Kapolri harus memberi target kepada bawahannya," ujar Dipo.

Lebih lanjut, Dipo mengatakan aksi premanisme dan pungli sangat meresahkan masyarakat.

“Tidak boleh dibiarkan. Sekali dibiarkan, maka akan terus merajalela dan sulit diberantas,” tegas Dipo.

Menurut Dipo, aparat harus turun ke bawah, bahkan Polres dan Polsek harus mudah dihubungi masyarakat.

Anggota Komisi III DPR NM Dipo Nusantara Pua Upa mendukung langkah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait pemberantasan pungli yang mengganggu aktivitas pelabuhan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News