DPR Dukung Protes ke Taiwan

DPR Dukung Protes ke Taiwan
DPR Dukung Protes ke Taiwan
JAKARTA - DPR kali ini satu suara dengan pemerintah. Nota protes yang rencananya dilayangkan Kementerian Perdagangan didukung oleh Komisi VI DPR. Protes keras terhadap pemerintah Taiwan dipandang perlu untuk mendapatkan kejelasan soal dugaan pelanggaran PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang memproduksi Indomie. Taiwan menyatakan bahwa mie instan itu diduga mengandung zat berbahaya bagi tubuh manusia. Namun, pemerintah Indonesia memastikan bahwa Indomie aman dikonsumsi.

Dukungan itu disampaikan anggota Komisi VI, Yan Herizal. Menurut dia, langkah Kementerian Perdagangan yang akan melayangkan surat protes terhadap penarikan mie instan produk PT Indofood CBK ke Pemerintah Taiwan merupakan suatu hal yang harus segera dilakukan. Menurutnya, langkah itu sudah tepat untuk mengetahui kejelasan alasan Pemerintah Taiwan terhadap pelarangan Indomie.

"Protes itu sudah tepat, supaya kita mendapatkan kejelasan alasan tindakan Pemerintah Taiwan. Silang pendapat yang menggelinding harus dijawab. Ada kemajuan besar di Kemendag apabila mereka melakukan protes," kata Yan Herizal kepada JPNN, Rabu (13/10).

Menurut Yan, tindakan yang dilakukan Pemerintah Taiwan sering dipraktekkan oleh negara lain demi keseimbangan negoisasi perdagangan sebelum mencapai perundingan. Karena itu, Pemerintah Indonesia harus membalas tindakan Pemerintah Taiwan seandainya enjelasannya berbeda dengan alasan dan fakta yang terjadi. "Kalau beda, berarti pemerintah (harus) membalas tindakan mereka (Taiwan)," cetusnya.

JAKARTA - DPR kali ini satu suara dengan pemerintah. Nota protes yang rencananya dilayangkan Kementerian Perdagangan didukung oleh Komisi VI DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News