DPR: Indonesia Harus Tetap Keras sama Israel

DPR: Indonesia Harus Tetap Keras sama Israel
Penjagaan ketat di Masjid Al Aqsha oleh pasukan Israel. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Bobby Ardityo Rizaldi mengapresiasi sikap tegas Indonesia terkait larangan visa warga negara Indonesia masuk Israel. Dia mengapresiasi langkah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang akan berkoordinasi dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly terkait persoalan teknis pemberian visa tersebut.

"Saya apresiasi penjelasan Menlu (Retno), karena soal larangan visa ini akan diselesaikan di level teknis kemenlu dan kemenkumham," kata Bobby, Jumat (1/6).

Menurut Bobby, Israel secara resmi tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Selain itu juga termasuk dalam sembilan negara yang diperlakukan mekanisme khusus oleh Indonesia dalam hal hubungan kekonsuleran.

Legislator Partai Golkar itu meminta agar ke depan hendaknya kemenlu tetap tegas menyuarakan protes keras kepada Israel atas perlakuannya ke Palestina. "Tetap menutup hubungan diplomatik dengan Israel," ujarnya.

Seperti diketahui pemerintah Israel menyatakan turis Indonesia masih bisa masuk ke Israel hingga 9 Juni. Namun, setelah itu, turis individu maupun kelompok dari Indonesia tidak akan bisa masuk Israel. (boy/jpnn)


Pemerintah Israel melarang turis individu maupun kelompok dari Indonesia masuk ke Israel mulai 9 Juni.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News