DPR: ORI Butuh Komisioner Seperti Ini

DPR: ORI Butuh Komisioner Seperti Ini
ILUSTRASI. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) membutuhkan komisioner yang betul-betul kredibel karena ORI merupakan salah satu institusi negara yang secara langsung berkaitan dengan aspek pelayanan publik.

Hal tersebut dikatakan anggota Komisi II DPR RI, Rufinus Hotmaulana Hutauruk, di sela-sela pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan calon komisioner ORI, di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (27/1).

“Salah satu indikator keberhasilan pemerintah adalah aspek pelayanan publik. Institusi Ombudsman Republik Indonesia (ORI) oleh UU ditugaskan mengawasi pelaksanaan pelayanan publik oleh pemerintah. Untuk mewujudkan itu, komisioner ORI harus benar-benar sosok yang kredil,” kata Rufinus Hotmaulana Hutauruk.

Sebaliknya, ujar politikus Partai Hanura ini, jika ada di antara calon komisioner ORI yang tidak kredibel, Rufinus menegaskan tidak akan memilihnya.

“Saya ingatkan, ORI butuh sosok yang tegas mengambil sikap terkait pelayanan publik dan bisa memberikan jaminan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat," tegasnya.

Sementara anggota Komisi II dari Fraksi Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian menyatakan DPR dan ORI sama-sama memiliki fungsi pengawasan pelayanan publik. Karena itu, ORI ke depan diharapkan mampu bersinergi dengan DPR dalam pelaksanaan fungsi pengawasan tersebut.

“Pengawasan pelayanan publik yang dilakukan ORI, terutama di daerah-daerah pemilihan seluruh anggota DPR, dapat menjadi masukan bagi seluruh Wakil Rakyat sebab pengawasan yang dilakukan ORI dapat ditindak-lanjuti oleh DPR,” katanya.(fas/jpnn)

 

JAKARTA – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) membutuhkan komisioner yang betul-betul kredibel karena ORI merupakan salah satu institusi negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News